Text Widget
Interactively incentivize team driven markets and accurate meta-services. Progressively engage cutting-edge catalysts for change after efficient potentialities. Professionally generate extensive process improvements for process-centric niche markets. Dramatically initiate end-to-end niches whereas integrated best practices. Professionally envisioneer ethical results rather than team building synergy.
Recent Works

Cara Mengoptimalkan Twitter untuk Bisnis UKM

Cara Mengoptimalkan Twitter untuk Bisnis UKM
by

cara mengoptimalkan twitter untuk bisnis UKM.

Twitter merupakan salah satu social media yang paling populer di Indonesia. Saat ini, pengguna twitter di Indonesia menduduki peringkat ketiga Dunia. Fakta tersebut membuktikan bahwa bukan tidak mungkin bisnis, termasuk UKM, bisa menjangkau pelanggannya melalui twitter. Bila dikelola dengan optimal, twitter bisa menjadi alat penunjang bisnis yang ampuh tak terkecuali untuk UKM. Berikut ini adalah cara mengoptimalkan twitter untuk bisnis UKM.

cara mengoptimalkan twitter untuk bisnis UKM.

Tentukan Tujuan Utama Akun Twitter Kita

Akun twitter ada banyak jenis apabila dikaitkan dengan cara penggunaannya. Ada akun twitter untuk personal, akun brand bisnis, hingga akun anonim. Jika Kita menjalankan bisnis UKM, pastikan memiliki akun twitter brand bisnis. Setelahnya, tentukan tujuan yang ingin kita capai dengan akun twitter tersebut. Beberapa contoh tujuan yang biasa dimiliki oleh akun twitter bisnis antara lain adalah:

  • Sebagai Customer Support.
  • Mengedukasi pasar tentang produk kita.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan pada website.
  • Menginformasikan promo atau event terkait bisnis kita.
  • Menjaga loyalitas pelanggan.

Tujuan akun twitter kita bisa saja lebih dari 1, hanya saja tetapkan prioritas pada masing-masing tujuan tersebut. Coba kita lihat akun @JNE_ID yang memprioritaskan twitter sebagai Customer Support, akun @PLN_123 yang memprioritaskan penyedian respon cepat terhadap keluhan pelanggan, akun @iboxindonesia yang sering memberikan info promo dan event kepada followernya,  akun @kompascom yang tujuan utamanya mendatangkan kunjungan ke website.

Tetapkan Target Segmen Followers Kita

Kita perlu menentukan segmen atau pasar mana yang kita tuju. Ini akan mempengaruhi bagaimana gaya berkomunikasi kita dan konten seperti apa yang akan disajikan. Ada banyak cara untuk menentukan target pasar kita, salah satunya dengan menjawab pertanyaan “Siapa pelanggan Anda?” Apakah mulai dari pelajar, anak muda, pria/wanita, ibu rumah tangga, pemilik bisnis, profesional, atau yang lainnya. Buat kriteria pelanggan Anda secara detil. Followers tidak perlu banyak, asalkan sesuai dengan segmen yang kita targetkan.

Buat Perencanaan Konten Twitter Bisnis Kita

Setelah tujuan dan segmen pasar kita tentukan, selanjutnya adalah membuat perencanaan konten. Beberapa poin penting terkait konten twitter adalah sebagai berikut:

  • Tentukan siapa admin yang menjadi penanggung jawab konten twitter kita.
  • Gunakan gaya komunikasi  yang seseuai dengan segmen yang Kita tuju termasuk pemilihan kata sapaan. Misalnya menggunakan sapaan Sobat untuk remaja, Anda untuk segmen profesional, Bunda untuk ibu-ibu yang memiliki balita, dan lain sebagainya.
  • Buat konten-konten yang menarik untuk diReTweet. Misalnya Kultwit, Tips, Kutipan, Info Terkini, dan Humor. Pastikan masih ‘nyambung’ dengan bisnis kita. Buatlah bank konten dalam file excel agar tidak kekurangan ide untuk “NgeTweet”
  • Buat penjadwalan kapan kita menyajikan konten kepada followers. Buat tabel jadwal yang berisi kolom hari dan jam untuk memudahkan Kita.
  • Hindari konten yang sifatnya opini atau emosi personal yang tidak nyambung dengan bisnis Kita. Misalkan tweet galau curhatan admin, komentar politik di musim Pemilu, atau terlibat TwitWar.
  • Cek typo atau singkatan dari konten yang Anda tulis dan sisakan setidaknya 20 karakter agar memberi ruang saat followers melakukan reTweet.
  • Hindari penggunaan #Hashtag yang terlalu banyak, cukup 1 atau 2 saja per twit.

Merencanakan konten sebelum ngetwit sangat membantu agar kita tidak keluar “jalur” tujuan. Dalam hal ngetwit, Kita bisa memanfaatkan tools penjadwalan otomatis seperti Hootsuite untuk menghemat waktu dan tenaga.

Buat Target Pencapaian yang Terukur

Langkah terakhir adalah membuat target apa yang ingin dicapai oleh akun twitter kita. Dan pastikan target pencapaian tersebut terukur. Contoh target pencapaian yang terukur, misalnya adalah:

  • Mendapatkan 100 Follower baru setiap bulan.
  • Konsisten Ngetwit minimal 20 kali dalam 1 hari.
  • Menjawab pertanyaan pelanggan maksimal 24 Jam setelah mendapatkan mention.
  • Meningkatkan Klout Score sebesar 10 poin dalam 1 bulan.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung web dari twitter sebanyak 1.000 kunjungan setiap bulan.

Target pencapaian sangat penting untuk mengukur kesuksesan Kita. Dan juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi apabila target tidak tercapai.

Demikian cara mengoptimalkan twitteruntuk bisnis UKM. Silahkan mencoba cara mengoptimalkan twitter tersebut termasuk ke dalam agenda Marketing Plan Kita.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *